Tidur ala rasulullah saw

MUHASABAH sesaat sebelum tidur. Maksudnya kita ntu harus intospeksi diri gan, mengevaluasi segala perbuatan yang telah ia lakukan di siang hari karena saat instrospeksi ntulah kita memjadi orang yang selalu berfikir dan selalu menjadi pemikir gan. Lalu jika hendaklah memuji kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk mendapat ketenangan dan jika kita telah melakukan banyak kesalahan kepadaNya maka kembali dan bertaubatlah kepada-Nya.

TIDUR lebih dini, kira kira jam 9 nan gan. Menurut penilitian, orang yang tidur lebih dini dan tidur mereka lelap ( kurang lebih 2 sampai 4 jam ) berarti orang itu melakukan tidur yang sempurna. Jadi gan sebenarnya tidur minimal 8 jam itu tidak 100% bener gan. karena tidur ayam tidak dianggap sebagai tidur gan, itu hanya membuang waktu aja gan, bedain aja ama agan sendiri yang tidur lelap cuma 3 jam dan bandingin ama tidur ayam ampe 12 jam..pasti lebih segar yang lelap kan gan . berdasarkan hadits yang bersumber dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Rasululloh SAW tidur pada awal malam dan bangun pada pengujung malam (kurang lebih jam 3 dini hari), lalu Beliau SAW melakukan sholat malam(Muttafaq’alaih)

 

Membersihkan diri dari kotoran, cukup cuci muka, tangan, kaki, rambut, telinga ato yang muslim berwudu sebagaimana ia mau solat.”

mengibaskan sperei tiga kali sebelum berbaring, yang ini pasti agan dah ngerti. berdasarkan hadits Abu Hurairoh, bahwasanya Rosululloh SAW bersabda, “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…” Di dalam satu riwayat dikatakan: 3 kali (Muttafaq’alaih)

no tidur terkurap. penilitian membuktikan bahwa tidur dengan posisi tengkurap menyebabkan kesulitan pencernaan dan penyumbatan pernafasan. cobain deh agan tengkurap 1 jam. sesek deh  terus tulang rusuk juga bakalan ketekangan.pokonya jangan sekali sekali tidur tengkurap. Abu Dzar menuturkan, Nabi SAW pernah lewat melintasi aku, di kala aku sedang berbaring tengkurap. Maka Nabi SAW membangunkanku dengan kakinya sambil bersabda, “Wahai Junaidab (panggilan Abu Dzar), sesungguhnya berbaring seperti ini (tengkurap) adalah cara berbaringnya penghuni Neraka,” (HR Ibnu Majah dan dinilai shohih oleh Al-Bani)
Bahkan dalam hadits lain dijelaskan, bahwa tidur/berbaring tengkurap adalah sifat dari tidurnya Iblis, karena menghindari bertatapan langsung dengan Alloh SWT yang telah melaknat dan mengutuknya.

 

Janngan tidur di atas tempat terbuka !!!!!!!!. membuka jendela juga termasuk tempat terbuka gan.angin malam hari mengandung banyak uap air yang tidak baik untuk langusng dihirup dan akan menyebabkan paru paru basah. tapi beda dengan udara dini hari yang menyehatkan. tapi angin dini hari juga tak menyehatkan gan, tapi pasti agan dah tau udara ama angin kan gan. di dalam hadits yang bersumber dari ‘Ali bin Syaiban disebutkan bahwasanya Nabi SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya,” (HR Al-Bukhori)

 

Matikan lampu sebelum tidur Jangan takut tidur dalam gelap, karena gelap melindungi kita dari berbagai penyakit. Tidur di tempat gelap dan hening merangsang pembentukan hormon melatonin sebaliknya sinar yang terang dan medan elektromagnetik mampu menghambat pembentukannya. Hormon melatonin (N-acetyl-5-metoksitriptamin) merupakan konduktor dari seluruh hormon yang ada di dalam tubuh manusia guna mengatur dan menjaga keharmonisan kerja mereka, sehingga menjaga keteraturan metabolisme sel, mempertahankan efisiensi/efektivitas kerja sel dan membuat sel tidak mudah rusak.

Hormon melatonin sebagian besar dibuat oleh kelenjar pineal, sebuah kelenjar yang terletak di antara kedua sisi otak. Hanya sebagian kecil dibuat di usus dan retina mata. Hormon melatonin diproduksi dalam jumlah besar pada orang muda, untuk kemudian menurun setelah usia 40 tahun. Penurunan produksi hormon ini menyebabkan berbagai keluhan yang lebih banyak dialami oleh usia tua dibandingkan dengan usia muda. Hormon melatonin berperan besar dalam membantu kualitas tidur, hal ini menjawab mengapa orang tua lebih susah tidur.
Selain itu Hormon melatonin juga berperan sebagai :
Antioksidan,
Membantu menigkatkan sistem kekebalan tubuh,
Melindungi dari polusi lingkungan serta efek racun lainnya,
Mempertahankan kesehatan jantung ( termasuk menstabilkan kadar cholesterol di dalam darah dan menurunkan resiko timbulnya ketidakteraturan detak jantung yang biasa timbul pada orang tua), mencegah kanker serta mendukung pengobatan kanker,
Meringankan kondisi penderita AIDS karena Melatonin dapat merangsang sel-sel kekebalan tubuh yang abnormal menjadi normal kembali.
Oleh karena itu matikan lampu sebelum tidur, selain menghemat listrik juga memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

“Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman,” (Muttafaq’alaih)

 

BERDOA DOLOO GAN. kalo yang muslim MEMBACA ayat Kursi, dua ayat terakhir dari Surah Al-Baqoroh, Al-Ikhlas dan Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas), karena banyak hadits-hadits shohih yang menganjurkan hal tersebut.

 

Menurut penelitian dalam membuktikan kebenaran cara tidur Rasulullah SAW, melalui riset medis diperoleh hasil: Dalam posisi tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan dan mengusahakan kepala menghadap utara dan kaki mengarah ke selatan, dalam posisi ini tubuh tidak menolak arus atau medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju ke selatan dan terhubung lancar ke system syaraf kita.

 

Kiranya agar menjadi renungan untuk kita semua, “Sesungguhnya Tidur adalah Sahabat Terdekat dari Kematian.”

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: